Minggu, 07 Maret 2010

Mahatma Gandhi

Nama ini sudah terkenal ke seluruh penjuru dunia. Seorang yang benar-benar sudah merasakan ketidak-adilan di dunia ini. Diskriminasi ras di afrika selatan, pemaksaan untuk melepas sorban di pengadilan, pengusiran di kereta api, pemukulan yang dilakukan konduktor, ini adalah ketidak-adilan yang didapat oleh Mahatma Gandhi.

Hal tersebut membuatnya menjadi seorang yang sabar dalam menjalani hidup. Bahkan setelah ia kembali ke India, ia masih banyak melihat ketidak-adilan, seorang dari kasta "rendah" di India diusir oleh pengikutnya sendiri. Oleh karena itu, ia pindah beserta pengikutnya ke tempat pemukiman yang mayoritas adalah orang-orang dari kasta "rendah", agar pengikutnya bisa merasakan kehidupan dari orang-orang kasta "rendah" India tersebut.

Bahkan hingga akhir hidupnya pun, ia merasakan ketidak-adilan. Ia dibunuh oleh orang India yang tidak sependapat dengannya karena penghormatan Gandhi kepada orang India Muslim.


"Jangan balas kekerasan dengan kekerasan, balaslah kekerasan dengan kebaikan, itulah yang akan membuat damai dunia ini." kalimat itulah yang paling pantas untuk menggambarkan makna yang saya dapat dari kisah hidup seorang Mahatma Gandhi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar